LINDIPONIK alternatif Berhidroponik Sederhana Tanpa ABMix

LINDIPONIK alternatif Berhidroponik Sederhana Tanpa ABMix

Apa Air Lindi itu ?
Air lindi merupakan air dengan konsentrasi kandungan organik yang tinggi yang terbentuk dalam landfill akibat adanya air hujan yang masuk ke dalam landfill. Air lindi merupakan cairan yang sangat berbahaya karena selain kandungan organiknya tinggi, juga dapat mengandung unsur logam (seperti Zn, Hg). Jika tidak ditangani dengan baik, air lindi dapat menyerap dalam tanah sekitar landfill kemudian dapat mencemari air tanah di sekitar landfill.
Lindi adalah limbah cair sebagai akibat masuknya air eksternal ke dalam timbunan limbah/sampah kemudian membilas dan melarutkan materi yang ada dalam timbunan tersebut, sehingga memiliki variasi kandungan polutan organik dan anorganik. Saat air hujan kontak dengan lahan sampah, sebagian air hilang menjadi limpasan dan mengalami evapotranspirasi. Sisa dari air tersebut masuk (infiltrasi) ke dalam timbunan sampah. Lindi akan timbul ketika kemampuan maksimum sampah menyerap air (field capacity).

Pembuatan Air Lindi Sederhana
Extractor air lindi sederhana bisa anda buat dari bekas galon air yang bocor ataupun yang tidak bocor, berikut ini gambar lengkapnya.





Siapa bilang Air Lindi Berbahaya ?
Air lindi yang anda buat dari sampah daun, sayuran dan buah2an justru mengandung bahan organik yang sangat bermanfaat bagi tumbuhan, karena dia adalah sari patinya. Bahkan dari uji coba saya, air lindi dapat menurunkan kadar PH air dirumah saya yang sebelumnya kisaran 8.0 hingga 8.5 bisa berubah menjadi 3.8 hingga 7.0 tergantung perbandingan percampuran air dengan lindinya. Berikut ini foto-fotonya:
 Kadar PH air di rumah saya 8.0
 Hasil penghitungan EC dan TD meter air di rumah saya
 Kadar PH Lindi hanya 3.6


Foto-foto hasil penanaman Lindiponik atau Hidroponik sederhana tanpa ABMix dan tanpa rockwoll


SELAMAT BEREXPERIMEN

No comments:

Post a Comment

Kontribusi kritik maupun saran anda kami butuhkan

3 Artikel Terpopuler