KENAPA HARUS MENANAM SINGKONG GAJAH (ANALISIS EKONOMI)


KENAPA HARUS MENANAM SINGKONG GAJAH (ANALISIS EKONOMI)

 Compani Profile



  

CV. BAROKAH ALAM ROBBANY (B.A.R)
adalah sebuah perusahaan yang bergerak di berbagai bidang agrobisnis,  dengan program-program inovatif dan mencerdaskan masyarakat dan petani. CV. BAROKAH ALAM ROBBANY (B.A.R) mengajak masyarakat untuk berwira usaha, menanam pohon berkualitas yang memiliki potensi keuntungan lebih besar, dengan fasilitas-fasilitas yang lebih banyak dibanding cv sejenisnya.  Diantaranya wira usaha bambu, budidaya singkong super serta pohon gaharu. Sekaligus melayani jasa jual-beli bibit, inokulasi dan jual beli hasil panen serta produk turunan dari hasil pertanian. Juga berpartisipasi langsung dalam membangun perekonomian rakyat Indonesia.
Visi :
Menjadi perusahaan multi proyek terbesar dan terdepan di Indonesia dalam membangun bangsa, kemaslahatan dan kesejahteraan bersama serta menggapai bumi sentosa, baldatu thayyibatun wa robbun gofur.
Misi :
Melayani dan berperan langsung dalam aspek kehiLidin bangsa untuk mewujudkan bumi sentosa, baldatu thayyibatun wa robbun gofur. Sekaligus menggapai sejahtera bersama.

FOKUS KERJA:
CV. BAROKAH ALAM ROBBANY (B.A.R) memfokuskan pada pensejahteraan  masyarakat petani pedesaan melalui multi proyek bersama multi perusahaan.

A. Program Singkong Super
Singkong atau ketela pohon memang bukan tanaman asli Indonesia. Tanaman ini awalnya dikenal di Brazil dan Paraguay, Amerika Selatan dan masuk ke Indonesia pada abad ke-16 melalui orang Portugis. Kini sudah dikenal beragam macam singkong yang berbeda-beda di setiap daerah. Namun kini ada beberapa jenis singkong yang karena keunggulannya banyak dicari masyarakat secara luas di Indonesia alias tren, yakni Singkong Manggu dan Singkong Gajah. 

Singkong Manggu merupakan singkong asal Jawa Barat yang sudah dikenal lama sejak dulu, sedangkan Singkong gajah berasal dari Kalimantan Timur baru ditemukan tahun 2006 dan mulai dikembangkan tahun 2008. Keduanya sangat jauh berbeda baik dari ukuran dan hasil panen per hektar. Singkong Manggu berukuran kecil dengan hasil panen 75-100 ton/hektar dan berdiameter batang 4-5 cm, sedangkan Singkong Gajah memiliki umbi yang sangat besar dengan diameter batang 8 cm (bisa sampai ukuran paha manusia dewasa) dengan hasil panen 150-200 ton/ha. Kedua singkong tersebut merupakan jenis singkong tersebut merupakan jenis singkong konsumsi karena memiliki rasa yang enak dan bisa diolah menjadi aneka macam makanan. Sebut saja, Brownies Singkong, Keripik Singkong, Getuk, Gaplek, Opak, Gorengan Combro/Misro, Tape, Singkong Goreng, Singkong Bakar, Singkong Rebus dan aneka kue dan masakan lainnya. Olahan terbaru adalah Kerupuk dari kulit singkong dan mocaf. 

Manggu berasa manis, sedangkan Singkong Gajah berasa gurih seperti mengandung mentega. Dua jenis singkong ini tidak mengandung racun, mudah dikupas, dagingnya empuk dan renyah, kadar pati tinggi. Sehingga Singkong Manggu dan Singkong Gajah bisa digunakan untuk bahan industry, yakni untuk dijadikan tepung, mocaf dan bahan baku bioetanol.

Potensi
Dengan mengikuti program dan anjuran-anjuran penanaman dari kami anda bisa memaksimalkan hasil panen anda sendiri.

à  Prospek Bisnis Singkong

Menurut F. Rahardi, pengamat agribisnis, usaha budidaya singkong dan pembibitannya akan terus berprospek baik. Budidaya singkong akan terus menguntungkan sampai kapanpun. Sebab kebutuhan singkong nasional, maupun dunia akan terus naik. Anas D. Susila, Kepala University Fram menambahkan bahwa budidaya singkong merupakan salah satu usaha yang tahan krisis. Singkong juga tahan ditanam pada lahan kritis, serta tidak perlu banyak pupuk ataupun perawatan. Peta persaingan usaha kedua jenis singkong ini tidak terlalu ketat. Saat ini pelaku budidaya Singkong Gajah masih sedikit ketimbang Singkong Manggu karena memang Singkong Manggu lebih dulu dikenal. Namun mengingat kebutuhannya yang terus meningkat dan selalu terserap pasar membuat pelaku tak perlu bersaing untuk memasarkan hasil panen. Tanaman Singkong Gajah dan Manggu dapat hidup di segala jenis tanah, asalkan bertekstur gembur dan kaya kandungan bahan organik dengan ketinggian daerah 10-700 mdpl (toleran sampai ketinggian 1.500 mdpl). Adapun sentra penanaman singkong tersebar di Pulau Jawa (Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur), Lampung dan Kalimantan.
CV. BAROKAH ALAM ROBBANY (B.A.R)  mengajak anda bergabung dalam program singkong super kami, dengan jaminan bibit dan kepastian dalam pembelian hasil panen (bagi petani-petani binaan).
Pemula. 
Tingkat keberhasilan dalam program singkong super ini selain sangat bergantung pada kualitas bibit, diharapkan para pelaku pemula juga harus menggunakan pupuk organic cair dan pupuk hayati, sebab dapat meningkatkan dan menjaga tingkat  kesuburan tanah sehingga bekas lahan penanaman tidak keras atau kering. Minimal modal yang dibutuhkan dalam perhektar singkong super kami adalah Rp. 25 juta hingga Rp. 35 juta untuk membiayai 1 periode tanam.

Risiko. 
Untuk mengatasi pasokan panen yang berlimpah dan jatuhnya harga jual semua jenis singkong, maka para petani yang ingin bergabung dalam program kami harus mengikuti jadwal penanaman bergilir yang kami terapkan. Sehingga umur panen tidak berbarengan antara lahan satu dengan lahan lain.
Petani binaan kami akan mendapat kepastian kontrak pembelian hasil panen dengan harga Rp. 500 /kg, sehingga petani tidak perlu merasa khawatir tentang jatuhnya harga singkong dipasaran.

Kenapa anda harus bergabung dengan program kami?
Ada beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan dengan bergabung bersama kami CV. BAROKAH ALAM ROBBANY (B.A.R), yaitu :
a.  Keterjaminan kontrak bermaterai yang akan melindungi masing-masing hak dan kewajiban kedua belah pihak dihadapan hukum.
b.  Keterjaminan Fasilitas-fasilitas profesionalisme kerja
c.  Keterjaminan bibit unggul
d. Keterjaminan tenaga ahli yang menjaga standart mutu
e.  Keterjaminan pembelian hasil panen dengan harga yang telah disepakati.

Jenis Program
Program kerjasama penanaman singkong ini TERBATAS dan UNTUK KALANGAN TERTENTU SAJA. Akan tetapi Program investor dan pembelian bibit Singkong Super TERBUKA UNTUK UMUM

ASUMSI BISNIS
Ö  Biaya-Biaya
·    Barang Modal                    Rp. 18.000.000
Bibit 10.000 batang x 500   Rp.   5.000.000
Peralatan Pertanian              Rp.    1.000.000
Sewa lahan 1 Ha/tahun        Rp.  12. 000.000

·    Biaya Operasional              Rp. 12.000.000
Pupuk dan Pestisida            Rp.    5.000.000
Tenaga kerja                         Rp.    6.000.000
Lain-lain (transportasi,kerusakan alat,dll)            Rp.    1.000.000

TOTAL BIAYA                    Rp. 30.000.000

Ö  Potensi Omset
Jika perpohon menghasilkan minimal 20kg, dengan kontrak pabrik Rp. 500/kg maka:
·    Hasil Penjualan                  Rp. 100.000.000
20kg X 10.000 X 500          Rp. 100.000.000
·    Biaya Operasional              Rp.   30.000.000
·    KEUNTUNGAN BERSIH       Rp.   70.000.000

*) Potensi omset ini hanyalah asumsi, dapat berubah dikarenakan 1 pohon singkong gajah bisa menghasilkan hingga berat 60kg.
*) Potensi omset ini juga bisa berubah sesuai dengan  harga singkong mentah dipasaran*


 

No comments:

Post a Comment

Kontribusi kritik maupun saran anda kami butuhkan

3 Artikel Terpopuler