7 Hal yang selalu dilupakan oleh pengusaha pemula (part-1)



Mungkin anda akan bertanya-tanya tentang apa sih yang selalu dilupakan pengusaha pemula? apa sih yang membuat kebanyakan pengusaha pemula gagal dalam bisnisnya yang baru seumur jagung ? atau anda justru skeptis dengan judul  Hal yang selalu dilupakan oleh pengusaha pemula yang akan dibahas di www.agrobisnisprobolinggo.blogspot.com ini. Seolah anda sudah tahu dan menyepelekannya. Atau malah menganggap judul ini hanya sensasi belaka. Betul apa tidak ? heheheee
Oke, berdasarkan pengalaman penulis sendiri, ketika kita hendak memulai usaha baru, yang terlintas pasti hanya berkutat pada modal awal, dan hal-hal tekhnis lainnya. Itupun syukur-syukur jika anda sudah mempelajari sistem bisnis yang akan anda geluti sebelum melakukan bisnis anda. Jika memang begitu maka tunggulah, paling lama 6 bulan bisnis anda akan oleng dengan sendirinya, karna biaya dan pemasukan yang tidak seimbang. Setidaknya ada 7 hal yang selalu dilupakan oleh pengusahapemula, diantaranya:

  1. Kesalahan dalam kalkulasi biaya.
Kesalahan dalam kalkulasi biaya yang dilakukan oleh pengusaha pemula adalah menganggap remeh biaya-biaya kecil dan sepele. Ingat sekecil apapun biaya dalam usaha anda jika dilakukan berulang-ulang maka habislah usaha anda. Dalam hal biaya ada 2 biaya yang harus anda siapkan, yaitu : biaya tekhnis dan biaya taktis. Bahkan ada yang menambah dengan satu biaya lagi, yaitu biaya alokasi khusus untuk talangan.
    1. Yang termasuk dalam biaya tekhnis setidaknya adalah : biaya bahan baku, biaya produksi, biaya pekerja, biaya kerusakan alat, dll.
    2. Yang termasuk dalam biaya taktis setidaknya adalah: biaya operasional pemasaran (iklan, banner, demplot/sample), biaya penyusutan alat, biaya tak terduga (seperti penimbunan produk saat pasar sepi, dan biaya hutang partner kerja/pembayaran akhir), dan
    3. Yang termasuk dalam biaya talangan adalah biaya untuk hal-hal tak terduga.

  1. Kesalahan dalam tekhnis pelaksanaan.
Yang maksud admin www.agrobisnisprobolinggo.blogspot.com dalam kesalahan tekhnis pelaksanaan hal-hal yang tidak diperkirakan dalam produksi, sehingga menyebabkan hasil yang cacat dan tidak layak jual. Contoh: untuk peternak kelinci pemula yang tidak merencanakan sistem pembuangan kotoran kelinci dan sirkulasi udara yang baik, akan memicu timbulnya penyakit scabies yang akan mengakibatkan kematian kelinci. Sepele bukan ? Tapi admin www.agrobisnisprobolinggo.blogspot.com pernah mengalami hal tersebut. Intinya jangan pernah coba-coba dalam hal tekhnis pelaksanaan usaha, mending anda mempekerjakan yang ahli untuk meminimalisir kesalahan.
  1. Kesalahan dalam rekrutmen pekerja.
Mungkin anda akan berguman bahwa kesalahan dalam rekrutmen pekerja bukan hal yang penting. SALAH TOTAL jika anda beranggapan begitu. Berapa banyak buruh pabrik yang “menggelapkan” bahan dan perkakas pabrik untuk kepentingannya sendiri. Berapa banyak produk yang tidak mampu menjaga kualitas produknya oleh karena kecerobohan pekerja, sehingga menyebabkan produk ditolak oleh pasar ? Faktor kesalahan dalam rekrutmen kerja sangat berbahaya terutama untuk bisnis kerakyatan seperti UKM-UKM yang tidak mengutamakan keahlian khusus bagi pekerjanya.
  1. Kesalahan dalam partner kerja.
Nah, factor yang ini pasti banyak diantara pembaca yang sudah mengalami pahitnya. Mungkin ditipu oleh partner kerja hingga jutaan rupiah, ada juga yang merasa ditipu tentang sistem bisnisnya karena partnernya membuat dan menyaingi usaha anda. Atau malah uang dan produknya ditilep oleh bendahara, sobat, distributor maupun konsumen langsung.
INTINYA: BERHATI-HATILAH TERHADAP PARTNER KERJA ANDA. Utamakan merekrut partner dari keluarga yang betul-betul amanah. Jangan pernah memberi kepercayaan penuh kepada partner anda. Dan selalu terapkan sistem ada uang ada barang. Karna kalau tidak…., hehehee :p, anda dan usaha anda akan tammat.
bersambung ke...

Link Yang Mungkin Bermanfaat bagi anda untuk sukse dalam agrobisnis

No comments:

Post a Comment

Kontribusi kritik maupun saran anda kami butuhkan

3 Artikel Terpopuler