RAHASIA SUKSES BUDIDAYA SINGKONG GAJAH PART 2 (Release)


RAHASIA SUKSES BUDIDAYA SINGKONG GAJAH PART 2 (Release)
Sebelumnya saya sudah menjelaskan 4 rahasia sukses budidaya singkong gajah Part 1 Klik disini untuk membacanya. Postingan kali ini adalah kelanjutannya, selamat menyimak.

5.      SISTEM PANEN
Sistem panen, ini maksudnya adalah, anda ingin memanen per 7-8 bulan, atau 9-10 bulan ataukan 11-12 bulan. Jika anda masih belum punya planning maka anjuran saya system tanam tradisional dengan jarak 80x80cm. Kenapa ?
Agar ketika anda hendak memanen pada usia 7-8 bulan anda tinggal memanen dengan jarak 1 deret tanaman (silang), sehingga lahan masih sangat produktif.

6.      PENGOLAHAN LAHAN
Pengolahan lahan menjadi factor paling penting berikutnya, karena terkait dengan jumlah pupuk yang akan dijadikan bahan makanan bibit singkong gajah yang akan tumbuh. Kenapa ? Karna sebagus apapun bibit singkong gajah yang anda beli tidak akan memberi hasil maksimal apabila ia kekurangan pakan untuk pertumbuhannya. Sama dengan saat anda memelihara ayam Bangkok, akan sangat berbeda hasilnya jika anda memberinya pakan dan obat yang bergizi tinggi dengan hanya diberi pakan seadanya,
Berikut ini pengolahan lahan yang saya anjurkan dengan luas lahan per 1 hektar.
  1. Pupuk kandang: Tiap 1 Hektar bibit singkong gajah, pupuk kandang yang dibutuhkan minimal adalah:
4 ton kotoran sapi kering (80 sak dengan ukuran sak 50 Kg)
1 ton kotoran ayam kering (20 sak dengan ukuran sak 50 Kg)
  1. Pupuk Organik Penunjang
-    1 – 2 Kg Pupuk Humic Acid murni, dengan aplikasi dicampurkan merata pada kotoran ayam kering. Pupuk ini bisa anda beli di http://www.tokobagus.com/iklan/pupukkita-pupuk-organik-humic-acid-murni-33408465.html
-    Alternative : bisa anda tambah dengan pupuk cair chitosan & asam amino, plus cludson
  1. Pupuk Organik Cair anjuran
-   2 liter Pupuk Kita Cair, dengan aplikasi dicampurkan dengan tiap 2 tutup botol berbanding 17 liter air. Disemprotkan pada akar dan daun. Pada daun penyemprotannya harus dari bawah ke atas.

7.      PEMUPUKAN
Pemupukan ini mulai dari tanam hingga panen umur 11-12 bulan hanya dilakukan sebanyak 3 kali, yaitu:
-    Umur satu bulan setelah masa tanam. Untuk luas 1 hektar bisa diberikan 100 Kg NPK, dan 100 Kg Za. Atau jika anda tidak suka pupuk kimia, maka anda harus memberi tambahan pupuk kandang minimal 1 ton per hektar
-      Umur 2 bulan setelah masa tanam. Untuk luas satu hektar anda semprotkan akar dan daun dengan 1 liter Pupuk Kita Cair yang sudah dicampur air
-     Umur 5 bulan setelah masa tanam. Untuk luas satu hektar anda semprotkan akar dan daun dengan 1 liter Pupuk Kita Cair, 1 liter chitosan+asam amino dan 1 liter cludson yang sudah dicampur air. Atau gunakan 200Kg ZA, dan 200 Kg NPK.
NB: Tidak ada pemukan lagi setelah itu, hanya butuh penyiangan saja, terkecuali jika tumpang sari.
8.      PERAWATAN
Singkong gajah tidak mempbuthkan perawata yang rumit, terkecuali jika anda menerapkan system tumpang sari. Karena yang justru butuh perawatan berlebih adalah komoditas yang ditanam bersama denga singkong gajah.
Yang terpenting dalam perawatan singkong gajah adalah pemupukan, dan penyiangan dari rumput dan gulma.
 10 Kg / stek dalam 7 bulan
Cara dan Kiat Ekspor

Demikanlah rahasia sukses budidaya singkong gajah yang telah saya terapkan, hasil memuaskan, dan tanah kembali subur. Selamat mencoba.

Daftar 700 Perusahaan Export-Import
Cara Mendapatkan Dana Hibah 

No comments:

Post a Comment

Kontribusi kritik maupun saran anda kami butuhkan

3 Artikel Terpopuler